Agus Yudhoyono, Karier Politik, dan The Yudhoyono Institute


🝺Nasional 👤Admin 🕔09:17:48, 11 Agustus 2017
Agus Yudhoyono, Karier Politik, dan The Yudhoyono Institute

JAKARTA, - Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menilai, pendirian The Yudhoyono Institute tak bisa dilepaskan dari kepentingan politik.

Menurut dia, berdirinya lembaga ini merupakan strategi awal untuk kiprah Agus Harimurti Yudhoyono pada Pemilihan Presiden 2019 mendatang.

"Berdirinya The Yudhoyono Institute pasti ada asbabul nuzulnya, tak bisa dimungkiri bagian dari strategi AHY untuk memenangkan Pilpres 2019," kata Pangi kepada Kompas.com, Kamis (10/8/2017) malam.

Pangi mengatakan, lembaga non-profit seperti ini biasanya akan fokus untuk menyuarakan dan mendalami pemikiran tokoh-tokoh yang mendirikannya.

Institusi seperti ini, kata dia, juga bisa melakukan terkait strategi politik seperti analisis riset politik, mapping elektoral, efektivitas mesin partai, dan kajian tren perilaku pemilih yang dapat membantu menyusun starategi memuluskan langkah Agus bertarung pada Pilpres 2019 mendatang.



Apalagi, saat ini sejumlah kader dan elite Partai Demokrat sudah mengelu-elukan Agus sebagai capres.

"The Yudhoyono Institute juga bisa jadi thinktank Partai Demokrat dalam merumuskan isu kajian nasional, dan termasuk bisa menjadi alat politik Partai Demokrat dalam merancang starategi Pilpres 2019," kata dia.

The Yudhoyono Institute diresmikan oleh Agus Yudhoyono pada Kamis (10/8/2017) malam.

Agus, yang menjabat sebagai Direktur Eksekutif, dalam pidatonya menyampaikan sejumlah harapan terutama kepada generasi muda.

Putra Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono ini, menekankan, generasi muda harus mempersiapkan diri menyambut transformasi bangsa, di tengah perubahan yang terjadi saat ini.



Agus juga menyinggung pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo untuk meminta restu terkait peresmian The Yudhoyono Institute. 

Agus mengatakan, ia mendapatkan amanah dari Jokowi. 

"Amanah Beliau kepada generasi muda, tentunya diharapkan menjadi tulang punggung perubahan dan kemajuan bangsa," kata dia.

Sementara Chief Communication Officer The Yudhoyono Institute, Ni Luh Putu Caosa Indryani mengatakan, The Yudhoyono Institute akan fokus pada isu-isu strategis dalam ruang lingkup regional, nasional, dan global.

Lembaga ini diharapkan bisa memberikan kontribusi dalam melahirkan pemimpin-pemimpin bangsa di masa depan.

 

Membaca Keakraban Agus Yudhoyono dan Presiden Jokowi(Kompas TV)

 

sumber : http://nasional.kompas.com/read/2017/08/11/06534341/agus-yudhoyono-karier-politik-dan-the-yudhoyono-institute-