Cerita Rheza soal Odol Cangkang Telur Temuannya yang Ditawar di Malaysia


🝺Pendidikan 👤Admin 🕔10:01:17, 24 Maret 2016
Cerita Rheza soal Odol Cangkang Telur Temuannya yang Ditawar di Malaysia

Malang - Rhezaldian Eka Darmawan (21), mahasiswa Teknik Kimia Universitas Brawijaya (UB) sukses di event luar negeri. Odol temuan Rheza, panggilan Rhezaldian Eka Darmawan, memukau juri. Pemerintah Malaysia sempat menawarkan kerja sama untuk memproduksi odol ramah lingkungan tersebut.

Peristiwa itu terjadi saat Rheza mengikuti  International Engineering Invention & Innovation Exhibition (I-ENVEX) yang diselenggarakan salah satu universitas di Malaysia April 2015 lalu. Event ini diikuti 500 peserta dari berbagai negara. Jurinya dari Hong Kong dan Prancis.

"Juri kaget karena tidak mengira cangkang telur bisa jadi pasta gigi ramah lingkungan," kata Rheza kepada detikcom di kampus Universitas Brawijaya (UB) akhir pekan lalu.

Foto: M Aminudin/detikcom


Tak hanya itu, ada pengusaha 'menawar' temuannya. "Pemerintah Malaysia saat itu meminta saya untuk join atau berinvestasi agar bisa diproduksi banyak. Tetapi saya tolak," ungkapnya.

Rheza mengaku izin memproduksi sendiri. Kalau pun kerja sama, harus dengan orang yang dia kenal. Sejauh ini sejumlah kolega kedua orangtuanya sudah sanggup memberikan modal jika pasta gigi cangkang telur diproduksi massal.

Menurut Rheza, tidak akan sulit memproduksi odol cangkang telur. Sebab, bahan bakunya berlimpah. Namun dia harus bersabar karena saat ini izin dari berbagai instansi dan paten belum keluar.
(fat/try)