Rahasia Sukses Bill Gates, Steve Jobs, Richard Branson dan Mark Zuckerberg


🝺Ekonomi dan Bisnis 👤Admin 🕔00:18:09, 04 Agustus 2017
Rahasia Sukses Bill Gates, Steve Jobs, Richard Branson dan Mark Zuckerberg

NEW YORK, KOMPAS.com - Bill Gates, mendiang Steve Jobs, Richard Branson, dan Mark Zuckerberg memiliki beberapa kesamaan. Selain mereka adalah miliarder, mereka membangun kekayaannya dari nol.

Oleh karena itu, perjalanan hidup mereka hingga mencapai kesuksesan seperti saat ini banyak dijadikan inspirasi oleh banyak orang.

Mereka pun tidak pernah sungkan untuk berbagi pengalaman dan tips sukses kepada khalayak. Mengutip CNBC, Minggu (28/5/2017), ada beberapa rahasia sukses Gates, Jobs, Branson, dan Zuckerberg yang patut Anda contoh.

Meski beberapa di antaranya sangat sederhana, namun kebiasaan dan sikap itu terbukti menjadi kunci kesuksesan mereka.

1. Richard Branson: Jangan takut bermimpi

Menurut Branson, bermimpi adalah berkah terbesar bagi manusia. Pasalnya, berawal dari mimpi, muncullah aspirasi, inovasi, perubahan, dan dunia semakin maju dan berkembang.

"Manfaat bermimpi jauh melampaui risiko yang ditakuti, karena nilai dari bermimpi tidak hanya diukur dari hasil, namun inspirasi yang datang dari perjalanan untuk mencapai mimpi itu," ujar Branson.

2. Steve Jobs: Perhatikan detail

Jobs memiliki reputasi sebagai sosok yang keras pada bawahan, namun reputasi ini sebenarnya merupakan hasil dari obsesi Jobs akan kesempurnaan. Jobs pun kabarnya sangat memperhatikan hal-hal secara mendetil.

"Orang-orang menyebut dia (Jobs) tak punya hati, menurut saya malah ia memiliki hati yang sangat besar. Ia sangat peduli dan hatinya sangat besar hingga tidak tahan ketika ada sesuatu yang tak benar," kata Kara Swisher, penulis buku "Tools of Titans."

3. Mark Zuckerberg: Cepat minta maaf ketika ada kesalahan

Setelah konten yang sensitif secara emosional dihapus oleh algoritma regulasi konten Facebook pada awal tahun ini, Zuckerberg buru-buru minta maaf. Menurut pakar kepemimpinan, permintaan maaf dari seoramg CEO akan menambah kredibilitasnya.

"Kami melihat adanya konten kebencian dalam debat politik dari dua sisi, kami menghapus akun dan konten yang seharusnya tak dihapus dan membiarkan konten yang sepatutnya dihapus. Ini sangat berat bagi saya, karena saya sering setuju dengan kritik yang menyatakan bahwa kita melakukan kesalahan," tutur Zuckerberg.

4. Bill Gates: Beramal

Gates dalam pidatonya di Harvard University beberapa tahun lalu menyatakan, sang ibu sangat bangga ketika ia diterima di universitas bergengsi itu. Ibu Gates pun tak pernah berhenti mendorong sang putra untuk melakukan banyak hal bagi sesama.

"Beberapa hari sebelum pernikahan saya, Ibu mengadakan acara pranikah di mana ia membacakan sebuah surat tentang pernikahan yang ditulisnya untuk Melinda (istri Gates). Ibu saya sudah sangat sakit karena kanker saat itu, tapi ia melihat kesempatan untuk memberikan pesan, bahwa apa yang diberikan kepada orang lain sangatlah berharga," ungkap Gates.

Orang terkaya di dunia itu pun mendengarkan sang ibu. Ia mendirikan The Guving Pledge, gerakan para miliarder untuk mendonasikan lebih dari separuh kekayaan mereka. Gates juga mendirikan yayasan Bill and Melinda Gates Foundation yang bekerja untuk mengentaskan anak-anak dari kemiskinan ekstrim.

 

sumber : http://ekonomi.kompas.com/read/2017/05/29/173530126/rahasia.sukses.bill.gates.steve.jobs.richard.branson.dan.mark.zuckerberg