Tinjau Pelaksanaan UN, Sekda Rohil Anggap Siswa Sudah Siap


🝺Pendidikan 👤Admin 🕔16:46:52, 06 April 2016
Tinjau Pelaksanaan UN, Sekda Rohil Anggap Siswa Sudah Siap

Siswa SMA sederajat se-Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau mengikuti Ujian Nasional (UN) tahun 2016 pada Senin (4/4/2016). Raut wajah siswa tampak tegang ketika mengerjakan naskah soal bahasa indonesia yang merupakan mata pelajaran pertama. 

Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bagansiapiapi, Muhammad Fuad, M.Pd menerangkan, sebanyak 91 siswa MAN mengikuti UN yang diselenggarakan selama 3 hari. Pada hari pertama UN, siswa mengerjakan naskah ujian Bahasa Indonesia, IPA dan IPS.

Menurutnya, pelaksanaan UN tahun ini, MAN Bagansiapiapi masih menggunakan sistem manual. Soal UN yang didistribusikan dari provinsi, katanya, langsung dibagikan per rayon melalui pengawalan ketat oleh aparat kepolisian.

"Kita belum bisa melaksanakan UN berbasis komputer mengingat jumlah komputer dilabor tidak memadai dengan jumlah siswa yang mengikuti ujian. Tambahan lagi, belum terpasang LAN dan jaringan listrik juga belum stabil," kata Fuad kepada GoRiau.com usai menerima kunjungan rombongan pemantau UN yang dihadiri oleh Plt Sekda Rohil, Surya Arpan, Asisten II, Hasrial, Kepala Kemenag dan Kanwil Provinsi Riau, Efrion,SAg.

Dia mengungkapkan, sebelum menghadapi UN, seluruh siswa sudah dianggap siap mengerjakan naskah soal ujian UN karena mereka sebelumnya sudah melalui tahapan persiapan dengan mengikuti terobosan dan try out.

"Mereka juga mendapatkan bimbingan belajar dari guru mata pelajaran" kata Fuad yang menyebutkan seluruh pengawas UN berasal dari guru sekolah lain.

Tempat sama, Plt Sekda Rohil, Surya Arpan mengatakan, fungsi labor komputer harus dimanfaatkan seluruh siswa sekolah. Terutama ketika menghadapi ujian nasional. Menurutnya, ketika siswa akan melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi, kemampuan mereka akan diuji dalam hal penggunaan program komputer.